Kamis, 31 Maret 2011

apa yang dimaskud

Soal nomor 4 Teori Organisasi Umum 2# yaitu : 
  • Apa yang dimaksud dengan :
- Organisasi . . .
- Kepemimpinan . . .
- Manajer . . .

1. Organisasi adalah seorang yang secara berkelompok (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dan banyak juga yang mendefinisikan arti dari organisasi yaitu : Organisasi Menurut Stoner, Organisasi Menurut James D. Mooney, dan Organisasi Menurut Chester I. Bernard  dimana :

@ Organisasi Menurut Stoner : Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

@ Organisasi Menurut James D. Mooney : Bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

@ Organisasi Menurut Chester I. Bernard : Merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

            2. Kepemimpinan ialah Merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi. Dan juga Merupakan aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu

Dengan kata lain, membicarakan tentang kepemimpinan, kita akan berbicara tentang pemimpin, tentang yang dipimpin, tentang interaksi keduanya, tentang tujuan yang hendak dicapai, tentang situasi, tentang sekelompok orang yang berada dalam, satu organisasi tertentu.

3. Manajer ialah Seorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan dan meng handle  kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Dan orang yang menjalankan kegiatan manajemen kegiatan itu berupa Perencanaan, pengorganisasian, pengimplemantasian, dan controlling.

# Peran manajer yaitu :

            Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok, yaitu:

1. Peran antarpribadi
Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.

2. Peran informasional
Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.

3. Peran pengambilan keputusan
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.

Sumber : http://hmti.wordpress.com/2008/02/22/definisi-dan-pengertian-organisasi/
http://ucakgratis.wordpress.com/tag/pengertian-dari-manajer/
http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/11/pengertian-kepemimpinan.html

Tingkatan manajemen

Soal nomor 3 Teori Organisasi Umum 2# yaitu : 
  • Jelaskan tingkatan manajemen dalam suatu organisasi :
Manajemen dibagi dalam 3 tingkatan yaitu Manajemen Puncak, Manajemen Menengah, Dan Manajemen Lini/ Bawah :
  1. Manajemen Puncak
Manajer bertanggung jawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
  1. Manajemen Menengah
Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
  1. Manajemen lini/bawah
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.