Soal nomor 4 Teori Organisasi Umum 2# yaitu :
- Apa yang dimaksud dengan :
- Organisasi . . .
- Kepemimpinan . . .
- Manajer . . .
1. Organisasi adalah seorang yang secara berkelompok (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dan banyak juga yang mendefinisikan arti dari organisasi yaitu : Organisasi Menurut Stoner, Organisasi Menurut James D. Mooney, dan Organisasi Menurut Chester I. Bernard dimana :
@ Organisasi Menurut Stoner : Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
@ Organisasi Menurut James D. Mooney : Bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
@ Organisasi Menurut Chester I. Bernard : Merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
2. Kepemimpinan ialah Merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi. Dan juga Merupakan aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu
Dengan kata lain, membicarakan tentang kepemimpinan, kita akan berbicara tentang pemimpin, tentang yang dipimpin, tentang interaksi keduanya, tentang tujuan yang hendak dicapai, tentang situasi, tentang sekelompok orang yang berada dalam, satu organisasi tertentu.
3. Manajer ialah Seorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan dan meng handle kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Dan orang yang menjalankan kegiatan manajemen kegiatan itu berupa Perencanaan, pengorganisasian, pengimplemantasian, dan controlling.
# Peran manajer yaitu :
Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok, yaitu:
1. Peran antarpribadi
Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
2. Peran informasional
Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
3. Peran pengambilan keputusan
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.