Sabtu, 27 Oktober 2012

Tujuan Umum Dari Middleware Telematika


1.         Definisi Middleware

Middleware      : Istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada. Middleware Didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP [1]. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi.

Middleware      : Software yang berfungsi sebagai lapisan konversi atau penerjemah. Middleware didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi.

2.         Tujuan Umum Middleware Telematika:

●          Middleware adalah S/W penghubung yang berisi sekumpulan layanan yang memungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu atau lebih mesin untuk saling berinteraksi pada suatu jaringan.
●          Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda
●          Middleware yang paling banyak dipublikasikan :

§           Open Software Foundation’s Distributed Computing Environment
(DCE),
§           Object Management Group’s Common Object Request Broker
Architecture (CORBA), Microsoft’s COM/DCOM (Component Object Model)

3.         Perkembangan middleware dari waktu ke waktu dapat dikatagorikan sebagai berikut:

3.1       On Line Transaction Processing (OLTP) : Merupakan perkembangan awal dari koneksi antar remote database.
3.2.      Remote Procedure Call (RPC) : menyediakan fasilitas jaringan secara transparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar